Minggu, 23 Juni 2013

Cara membuat pakan ikan organik pola HCS


Kotoran ternak/Kambing yang telah dikembangkan dengan pola organic, sangat bagus untuk bahan pakan ikan budidaya, baik yang budidaya di Tambak maupun di Kolam, karena kotoran yang telah diolah sedemikian rupa dengan resep HCS maka akan memicu pertumbuhan mikro plankton sebagai makanan ikan.
Jika mikro plankton berlimpah maka petumbuhan ikan secara alami akan lebih cepat, dan tentu panenpun akan lebih cepat dengan hasil yang lebih menggembirakan.
Dengan melimpahnya plankton, maka tak perlu lagi menganggarkan biaya untuk beli pakan, bahkan sampe panen tiba.
Makin cepat panen, tentu akan mengurangi biaya operasional. Jika hasil lebih meningkat, maka akan menghasilkan keuntungan yang lebih meningkat pula.
Dengan demikian akan terjadi peningkatan hasil yang sangat signifikan jika pola ini benar-benar diterapkan.
Riilnya untuk aplikasi tambak, tak perlu lagi pakai kincir, hanya dengan di semprot SOT (Suplemen Organic Tanaman) pada lahan kering sebelum diberi air, tungggu 3-6 hari lalu diairi seperti biasa.
Tambak yang telah diisi bibit, akan sangat bagus jika permukaan air di semprot SOC (Suplemen Organic Cair) untuk memicu pertumbuhan micro plankton, hanya butuh dua kali semprot sampai dipanen.
Sedangkan untuk aplikasi Lele, juga tidak jauh beda dengan ikan tambak, namun bisa ditambah dengan pakan/pellet dengan bahan dasar KOTORAN KAMBING yang telah difermentasi terlebih dahulu.

Masyarakat di negara kita ini kebanyakan adalah masyarakat petani dan peternak, namun kebanyakan tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis peternakan dan pertanian yang mereka geluti. Menjalankan tradisi yang sudah ada dengan ilmu pengetahuan seperlunya, itulah yang Mereka terapkan tanpa disertai dengan inovasi-inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil agar lebih maksimal.
 (sumber: pelatihan ternak dan tani HCS)

3 komentar:

  1. m'af boss caranya g mna bikin pelet pakek kotoran kambing? ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kambing yang sudah mengkonsumsi produk HCS, kotorannya bisa langsung di pake pakan ikan lele, kalau mau buat pelet ikan lele terlebih dahulu kotoran kambing dikeringkan, selanjutnya kotoran kambing di semprot pakai SOC hingga rata, setelah rata kotoran kambing yg tadi disemprot pakai SOC ditutup rapat sampai 1 x 24 jam,.... next sudah jadi pelet ikan lele....

      Hapus
    2. Untuk kotoran ternak yang belum menggunakan pola HCS apa bisa dipakai untuk membuat plankton dan pelet ???

      Hapus